Kedisiplinan Siswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Pada Siswa Yang Berlatar Belakang Berbeda (TNI Dan Non TNI)

Wicaksono, David Ary and , Dr. Taufik, M.Si., Ph.D. and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Kedisiplinan Siswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Pada Siswa Yang Berlatar Belakang Berbeda (TNI Dan Non TNI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_Halaman_Depan.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_tesis_-_bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_tesis_-_bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
06_tesis_-_bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_tesis_-_bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
08_tesis_-_bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_tesis_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_Naskah_Publikasi.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungansosial dan pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan. Subjek penelitian adalah siswaSMP N 1 Maospati klas VIII y ang berjumlah 93 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor dan anava satu jalur menggunakan program SPSS versi 18. Berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,903, Fregresi = 197,729; p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dan pola asuh otoriter dengan kedisiplinan. Artinya variabel dukungan sosial dan pola asuh otoriter dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan kedisiplinan. Latar belakang orang tua tidak ada pengaruhnya terhadap kedisiplinan siswa di sekolah, dapat dilihat dari F= 3, 346, Sig = 0,071. Mean siswa dengan latar belakang orang tua TNI 87,31 dan Non TNI 85,75. Dengan sig = 0,071 berarti anak TNI dan Non TNI tidak signifikan terhadap kedisiplinan. Artinya latar belakang orang tua tidak memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan siswa disekolah, baik dari latar belakang orang tua TNI maupun non TNI. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan pola asuh orang tua dapat dijadikan prediktor untuk memprediksikan kedisiplinan, sedangkan latar belakang orang tua TNI dan Non TNI tidak memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan siswa disekolah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Dukungan sosial, Pola asuh otoriter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 10:51
Last Modified: 25 Oct 2021 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item