ISNAINI , LAELI NUR (2012) Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Mi Negeri Dan Mi Swasta Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (669kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (359kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAF_PUS.pdf Download (450kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
|
PDF (Naaskah pblikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman para guru dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk endeskripsikan Pengembangan Kurikulum dan Penerapannya di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif , lokasi penelitian di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2011. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara (Tanya jawab), dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman dan Spradley yaitu dengan data reduction, data display, dan verification . Hasil penelitian pada observasi pengembangan silabus KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara belum dikembangkan sendiri, dan Pengembangan bahan ajar KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara kurang menguasai bahan ajar karena sumber bahan ajar masih dititikberatkan pada buku teks dan LKS, namun pada pengembangan RPP KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara sudah cukup baik walaupun masih banyak para guru yang memiliki RPP copy paste, sehingga penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI belum sesuai dengan desain dalam RPP . Sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberi masukan bagi praktisi pendidikan untuk memahami KTSP secara mendalam, melihat potensi sekolahnya dan melakukan perubahan sedikit demi sedikit sesuai dengan tuntutan kurikulum baru sehingga dapat menerapkan dan mengaktualisasikan kurikulum tersebut dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Agama, Islam, Kurikulum . |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2013 12:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2013 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26276 |
Actions (login required)
View Item |