Hubungan Kejadian Anemia Dan Kesakitan Dengan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas X Di SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo

Hakim, Wahyu Luqman and , Muwakidah, S.KM, M.Kes and , Susi Dyah Puspowati, SP., M.Si (2013) Hubungan Kejadian Anemia Dan Kesakitan Dengan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas X Di SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Pendahuluan : Anemia terjadi apabila produksi hemoglobin kurang sehingga kadarnya di dalam darah rendah. Anemia dapat mengakibatkan berkurangnya daya pikir dan konsentrasi seseorang, menurunnya prestasi belajar pada anak sekolah karena mengalami kesulitan berkonsentrasi. Selain mengalami anemeia, siswi yang mengalami kesakitan dan tidak masuk sekolah akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar sehingga mengganggu prestasi belajar. Tujuan : Mengetahui hubungan kejadian anemia dan kesakitan dengan prestasi belajar pada siswi Kelas X di SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 33 dipilih dengan metode Simple Random Sampling. Data kejadian anemia diperoleh dari pengukuran Hb dengan menggunakan metode Hemoque. Data Kesakitan diperoleh dari kuesioner. Data kesakitan diperoleh dari kuesioner dan data prestasi belajar siswi diperoleh dari nilai raport. . Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment Hasil : Berdasarkan analisis univariat menunjukkan 36,4% responden tidak mengalami kejadian anemia, 63,6% responden mengalami kejadian anemia. Sebanyak 45,5% responden masuk dalam kategori jarang mordibias dan 54,5% tidak mengalami Kesakitan. Sebanyak 21,2% responden mempunyai prestasi belajar baik dan 78,8% mempunyai prestasi belajar kurang baik. Hasil uji korelasi pearson product moment data kejadian anemia dengan prestasi belajar pada siswi dengan p=0,480 dan uji Fisher exact Kesakitan dengan prestasi belajar pada siswi dengan p =.674 Kesimpulan : hasil penelitian disimpulkan tidak terdapat hubungan antara kejadian anemia dengan prestasi belajar pada siswi kelas, dan tidak terdapat hubungan antara kesakitan dengan prestasi belajar pada siswi kelas X di SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anemia, kesakitan, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2013 10:27
Last Modified: 09 Sep 2022 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item