Eksploitasi Tubuh Perempuan Yang Berperan Sebagai Suster Dalam Film-Film Horor Indonesia (Analisis Isi Eksploitasi Tubuh Perempuan yang Berperan Sebagai Suster dalam Film Horor Indonesia Suster Keramas II dan Bangkitnya Suster Gepeng)

Kurniawan, Tri Heri and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Palupi, M.A (2013) Eksploitasi Tubuh Perempuan Yang Berperan Sebagai Suster Dalam Film-Film Horor Indonesia (Analisis Isi Eksploitasi Tubuh Perempuan yang Berperan Sebagai Suster dalam Film Horor Indonesia Suster Keramas II dan Bangkitnya Suster Gepeng). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)

Abstract

Dalam setiap film-film horor Indonesia, perempuan selalu menjadi objek yang paling sering ditampilkan, dari ujung kaki sampai ujung kepala, karena perempuan menjadi sangat potensial dan komersil untuk ditampilkan dalam media. Perempuan dalam film Suster Keramas II dan Bangkitnya Suster Gepeng, menempatkan perempuan yang dieksploitasi tubuh mereka dari atas sampai bawah. Untuk mengetahui kecenderungan dan mengetahui frekuensi eksploitasi perempuan dalam film Suster Keramas II dan Bangkitnya Suster Gepeng. Digunakan analisis isi untuk mengetahui isi film dan menghitung adegan-adegan dari film, sehingga dapat mengetahui seberapa banyak kecenderungan dan frekuensi eksploitasi tubuh perempuan yang berperan sebagai suster. Dari penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa adanya kecenderungan eksploitasi tubuh perempuan yang sangat tinggi. Frekuensi kemunculan adegan eksploitasi tubuh perempuan sejumlah 158 variabel atau sebanyak 74% dari keseluruhan variabel eksploitasi tubuh perempuan yang berperan sebagai suster dalam dua film yang menjadi sampel penelitian yaitu sejumlah 214 variabel

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksploitasi, Gender, Suster, Film, Analisis Isi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2013 07:12
Last Modified: 23 Oct 2021 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26179

Actions (login required)

View Item View Item