Lestari, Agung and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Pemahaman Makna Pakaian Oleh Organisasi Islam (Studi Fenomenologi Pemaknaan Pakaian Oleh Organisasi IMM di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (265kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (309kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (258kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_pustaka.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman makna pakaian oleh organisasi, khususnya organisasi IMM di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian Fenomenologi. Dalam melaksanakan penelitian, diperlukan data yang akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembahasan dan analisis. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam untuk memperoleh data. Dimana setelah data terkumpul, peneliti berusaha memberikan gambaran keadaan obyek menggunakan studi Fenomenologi untuk memberikan penjelasan bagaimana pemahaman makna pakaian oleh anggota organisasi Islam. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama, makna pakaian secara umum adalah Perintah Agama, Etika dan Estetika, Pelindung, Kebudayaan, Hak Asasi Manusia, Identitas Diri, dan Mode. Kedua, makna dari konseptualisasi pakaian dari jilbab besar, cadar, baju gamis, dan celana ¾ atau “celana cingkrang” meliputi Eksklusif, Budaya Arab, Aneh, Citra, Protektif, HAM, Tidak Layak, Antipati, dan Implementasi dalam beragama. Ketiga, faktor dominan yang mempengaruhi pemahaman makna oleh individu yaitu Organisasi, Lingkungan, dan Keluarga
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna pakaian, Pakaian Islam, Organisasi Islam |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2013 05:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26166 |
Actions (login required)
View Item |