HARTANTO, SABAR (2008) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM INTERNASIONAL ( SDII ) NURUL MUSTHOFA, TANJUNG, KLATEN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050047.pdf Download (121kB) |
|
PDF
G000050047.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
Abstract
Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat mendidik siswa tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dengan guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan tersebut hanya akan bisa dicapai dibawah pola manajerial yang solid. Dalam pelaksanaan manajemen SDII Nurul Musthofa dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat beberapa diantaranya berupa sarana yang memadai pendidik yang profesional, jauh dari pabrik, mahalnya biaya dan kurangnya promosi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam yang diberlakukan di SDII Nurul Musthofa Tanjung, Klaten, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Internasional (SDII) SDII Nurul Musthofa Tanjung, Klaten. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembangan disiplin ilmu, manajemen pendidikan serta pengajaran Islam, memberikan sumbangan praktis yakni motivasi manajemen pendidikan Islam bagi sekolah-sekolah yang berasaskan Islam untuk dijadikan patokan dan diterapkan pada proses pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di sekolah-sekolah yang berbasis keislaman, Menjadi tolok ukur bagi sekolah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, objek penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh yang berkaitan dengan sekolahan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menelaah semua data yang tersedia dari sumbernya kemudian dianalisis dengan SWOT untuk mencari faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, manajemen pendidikan di SDII Nurul Musthofa Tanjung, Klaten secara impiris sudah cukup baik meskipun masih ada hal-hal yang perlu dioptimalkan dalam kinerjanya dan terus ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Hal ini dilihat dari sesuainya langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai tujuan mencetak generasi Islam yang sempurna baik secar IMTAQ dan IPTEKnya diantaranya menerapkan model kurikulum yang berkombinasi antara Kurikulum dari Depag, Diknas, dan Pesantren. Menggunakan pola MBS, tenaga kependidikan yang professional di bidangnya, pengelolaan kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak didukung adanya BK dan guru pendamping, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana dan prasarana yang memadai didukung adanya lab. Bahasa, komputer dan akses internet, pengelolaan hubungan dengan masyarakat yang solid dengan membentuk Komite Sekolah, serta layanan khusus yang memadai baik kesehatan, keamanan atau perpustakaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN PENDIDIKAN, SDII NURUL MUSTHOFA,MBS, SWOT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 13 Jun 2009 02:45 |
Last Modified: | 11 Dec 2014 12:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2610 |
Actions (login required)
View Item |