Pengaruh Opini Audit, Pergantian Manajemen, Dan Reputasi Auditor Terhadap Pergantian Auditor (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Rizqillah, Ulin Nuraini and , Dr. Erma Setiawati, Ak, MM (2013) Pengaruh Opini Audit, Pergantian Manajemen, Dan Reputasi Auditor Terhadap Pergantian Auditor (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

e rgantian auditor pada perusahaan publik dapat dilakukan secara wajib maupun sukarela. Berbagai kondisi internal perusahaan dapat berakibat pada adanya kebijakan pergantian auditor. Pergantian secara sukarela dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit, pergantian manajemen, dan reputasi auditor terhadap pergantian auditor pada perusahaan manufaktur di BEI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan (annual report). Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011. Sampel yang digunakan yaitu sejumlah 22 perusahaan manufaktur yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentsi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. H asil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Opini audit tidak berpengaruh terhadap pergantian auditor pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2008-2011. Hasil regresi logistik memperoleh nilai p-value = 0,180 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05) dan Hipotesis 1 ditolak. (2) Pergantian manajemen berpengaruh signifikan terhadap pergantian auditor pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2008-2011. Hasil regresi logistik memperoleh nilai p-value = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. (3) Reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap pergantian auditor pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2008-2011. Hasil regresi logistik memperoleh nilai p-value = 0,076 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05) dan H3 ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pergantian auditor, opini audit, pergantian manajemen, reputasi auditor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2013 07:57
Last Modified: 04 Nov 2021 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item View Item