Pendidikan Model Halaqah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam (Studi Pendidikan Nonformal Di Desa Pilang, Kec. Masaran, Kab.Sragen)

Fahmi, Zul and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Pendidikan Model Halaqah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam (Studi Pendidikan Nonformal Di Desa Pilang, Kec. Masaran, Kab.Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HalamanDepan.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BABI.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (BAB II)
BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BAB III)
BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BAB IV)
BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LampiranLampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NaskahPublikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Halaqah merupakan sebuah model pengajaran agama Islam yang memiliki sejarah tua. Dalam sejarah peradaban Islam, halaqah telah terbukti memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan pendidikan Islam sejak masa Rasulullah SAW. hingga berlanjut pada masa daulah Ummayah dan Abbasiyah. Banyak para ulama’ dari berbagai disiplin ilmu pada saat itu, lahir atau digembleng oleh model pendidikan bernama halaqah. Majlis halaqah dilaksanakan dengan cara para murid duduk melingkar mengelilingi guru atau syaikhnya untuk mendengarkan ilmu, mencatat, dan berdiskusi tentang jenis-jenis pengetahuan secara ilmiyah. Majlis halaqah memiliki jenis yang berbeda-beda, dan menjadi ciri khas pendidikan Islam sebelum muncul pendidikan model madrasah, dan halaqah hingga kini masih berkembang dan menjadi salah satu aset kekayaan dunia pendidikan Islam. Apa yang diuraikankan di atas menjadi dasar untuk melakukan sebuah penelitian terhadap sebuah model pendidikan yang ada di desa Pilang, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen. Model pendidikan yang dikenal dengan istilah pengajian halaqah tersebut telah menjadi salah satu pioneer kemajuan pendidikan agama Islam di desa Pilang khususnya, dan juga di desa-desa lain di luar Pilang. Kemajuan pendidikan Islam di desa Pilang ditengarai oleh majunya pemahaman Islam masyarakat desa Pilang, makmurnya masjid-masjid di desa tersebut, anyaknya kegiatan-kegiatan keislaman terutama pengajian, serta berdirinya beberapa lembaga pendidikan formal atas usaha masyarakat desa Pilang dengan para aktifis pengajian halaqah sebagai penggeraknya. Kondisi desa Pilang sebagaimana uraian di atas, dalam sejarahnya terwujud secara perlahan setelah muncul pendidikan model halaqah atau pengajian halaqah. Oleh karena itu aktifitas pengajian halaqah dan semua hal yang berkaitan dengannya dijadikan objek dalam penelitian ini, untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pengajian halaqah di desa Pilang, kec. Masaran, kab. Sragen, apa perannya dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di desa Pilang dan sekitarnya, serta apa kelebihan dan kekurangannya. Dari data-data yang bisa dikumpulkan baik dengan cara melakukan observasi secara langsung maupun dengan melakukan wawancara dengan segenap pengurus pengajian halaqah, dan juga tokoh serta warga desa Pilang, maka bisa dijelaskan bagaimana pelaksanaan pengajian tersebut, dan apa peran pengajian halaqah dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di desa Pilang, dan apa kelebihan serta kekurangan pendidikan model halaqah. Pendidikan Islam model halaqah merupakan salah satu sistem atau model pendidikan Islam yang layak untuk dikembangkan dan bisa menjadi aternatif pilihan dalam menentukan sistem dan jenis pendidikan yang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan model halaqah, Pendidikan agama Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 08:50
Last Modified: 29 Oct 2021 11:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25964

Actions (login required)

View Item View Item