MARYANI, NINIK (2008) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi kasus di SMA Al Islam 3 Surakarta tahun 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000040027.pdf Download (167kB) |
|
PDF
G000040027.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
Abstract
Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran konseptual tersebut, SMA Al Islam 3 Surakarta juga dihadapkan pada masalah yang sama dalam pembelajaran kelas yaitu masalah pengelolaan dan penga jaran di kelas, baik secara fisik maupun menyangkut siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas di SMA Al Islam 3 Surakarta, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di SMA Al Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2007/2008. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang manajemen pengelolaan kelas di SMA Al Islam 3 Surakarta, memberikan sumbangan praktis bagi penulis untuk dapat menambah wawasan atau pengalaman tentang manajemen kelas, dan juga bagi SMA Al Islam 3 Surakarta sebagai tolak ukur manajemen kelas yang telah dilakukan, berhasil atau tidak sebagai masukan untuk upaya perbaikan jika terjadi kekurangan dan upaya peningkatan jika sudah berjalan dengan baik. Adapun permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimanakah penerapan manajemen pengelolaan kls di SMA Al Islam 3 Surakarta; dan apa factor pendukung dan penghambat dalam manajemen pengelolaan kelas disekolah tersebut?” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kwalitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang atau perilaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di obyek penelitian). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Penelitian ini bahwa manajemen kelas di SMA Al Islam 3 Surakarta belum berjalan secara maksimal, tetapi untuk manajemen kelas secara fisik, SMA Al Islam 3 Surakarta telah berusaha mengelola kelas dengan baik yaitu dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi, alat-alat dan media belajar serta kenyamanan siswa di dalam kelas telah tercipta. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas di SMA Al Islam 3 Surakarta adalah adanya keseimbangan antara tenaga pendidik dengan siswa, dan sarana prasarana serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya perbedaan motivasi guru terhadap siswa, kesejahteraan guru yang belum maksimal, tidak adanya tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, adanya sekolah-sekolah pesaing serta pandangan masyarakat yang menyatakan sekolah favorit adalah sekolah negeri, bukan swasta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN, PENGELOLAAN KELAS, SMA Al Islam 3 Surakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 13 Jun 2009 01:48 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 08:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2596 |
Actions (login required)
View Item |