Khanafi, Khanafi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2013) Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._Bab_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (BAB II)
05._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (BAB III)
06._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (BAB V)
08._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._daftar_pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._naskah_publikasi.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013) Pendidikan karakter merupakan sebuah proses pembelajaran yang panjang yang harus dilakuka sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat selama ini belum adanya kesinambungan antara nilai-nilai karakter yang diajarkan disekolah belum berjalan secara efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran akhlakdi MAN 2 Surakarta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran pendidikan karakter serta mendeskripsi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran akhlak. Jenis penelitian ini adalah field research yang bertempat di MAN 2 Surakarta. Metode penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data. Sedangkan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif pada umumnya meliputi: pengumpulan data, analisas data, interprestasi data, pengamatan, serta di akhiri dengan kesimpulan yang di dasarkan pada penganalisisan data tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: penerapan pendidikan karakter di MAN 2 Surakarta mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta siswa dapat bersikap dan berperilaku yang sopan, disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan dalam sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Sedangkan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran dilakukan pada setiap mata pelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas. Dan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran biasanya di lakukan oleh setiap guru dalam proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan Silabus, RPP dan bahan ajarnya. Sedangkan di MAN 2 Surakarta para guru belum sepenuhnya menerapkan pendidikan karakter, hanya beberapa guru yang telah menerapkannya di dalam silabus dan RPP. Adapun hambatan-hambatan yang muncul adalah 1) peran keluarga dan lingkungan teman bermain yang kurang kondusif; 2) perkembangannya IPTEK yang membawa siswa ke nilai liberal; 3) Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda sehingga sulit untuk penerapan pendidikan karakter pada siswa pada waktu KMB; 4) Minimnya contoh konkrit yang baik dari lingkungan sekolah dan masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akhlak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2013 08:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 10:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25889 |
Actions (login required)
View Item |