Internalisasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pembelajaran Ipa (Biologi) Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Haryanti, Nur and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Internalisasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pembelajaran Ipa (Biologi) Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_1.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan hendaknya dikembangkan dalam rangka meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Pengintegrasian Imtak dengan materi pembelajaran adalah upaya mengintregasikan konsep atau pengajaran agama ke dalam materi (teori) yang sedang dipelajari oleh peserta didik atau diajarkan oleh guru/pendidik. SMP Muhammadiyah 10 Surakarta merupakan sekolah formal yang berlabelkan Islam yang berupaya memadukan ilmu antara ilmu umum dan ilmu agama. Sehingga tidak ada pemilahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu umum, antara ilmu duniawi dan ilmu ukhrawi. Dalam penginternalisasian nilai-nilai Islam ini sangatlah diperlukan agar menambah keimanan peserta didik. Melalui pembelajaran IPA Biologi diintegrasikan nilai-nilai Islam, peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan sains dan teknologi untuk mempertinggi harkat dan martabat manusia, dan mampu melaksanakan fungsi kekhalifahannya di muka bumi. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai Islam melalui pelajaran IPA (Biologi) di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPA (Biologi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menginterlanisasikan nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPA (Biologi) disekolah tersebut serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertempat di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Dalam penelitianini penulis menggunakan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Cara menginternalisasikan nilai-nilai Islam pada mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 adalah melalui metode wawancara dan demontrasi. (2). Faktor pendukungnya terdapat dari: diri guru, lembaga pendidikan tersebut dan diri siswa, sedangkan faktor penghambatnya terdapat dari: latar belakang pendidikan keluarga (orangtua) dan lingkungan sekitar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Islam, Mata Pelajaran Biologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 08:04
Last Modified: 29 Oct 2021 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item