Peran Departemen Taklim Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Asrama Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Jarwati, Jarwati and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2013) Peran Departemen Taklim Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Asrama Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (610kB)

Abstract

Pendidikan Islam telah menyebar luas di sekitar kita, baik dalam bentuk lembaga pendidikan formal, non formal maupun informal. Terbentuknya lembaga-lembaga pendidikan Islam tersebut merupakan salah satu upaya dalam memeratakan pendidikan Islam. Begitu pula yang dilakukan oleh MAN 1 Surakarta, dalam rangka meningkatkan pendidikan Islam, maka dibentuklah satu program yang khusus dalam program agama, yaitu disebut dengan MA program keagamaan. MA program keagamaan merupakan program unggulan di MAN 1 Surakarta, sebab banyaknya prestasi yang diperoleh santri dan santriwati MA program keagamaan. Hal demikian tidak lepas dari didikan dan bimbingan dari Asatidzah yang dibantu oleh pengurus OPPK di asrama terutama Departemen Taklim. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peran Departemen Taklim dalam meningkatkan pendidikan Islam di asrama MA program keagamaan Surakarta?, (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat Departemen taklim dalam meningkatkan pendidikan Islam di asrama?. Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui dan mendeskripsikan peran Departemen Taklim dalam meningkatkan pendidikan Islam di asrama, b)mendeskripsikan faktor penunjang dan faktor penghambat Departemen Taklim dalam meningkatkan pendidikan Islam di asrama. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan untuk menambah khazanah ilmu dalam bidang pendidikan Islam (manfaat teoritis), memberi motivasi kepada pembina asrama dan anggota Departemen Taklim dalam meningkatkan pendidikan Islam di asrama(manfaat praktis). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data dalam penelitian ini, yaitu: a) pengumpulan data dan reduksi data, b)penyajian data, dan c) penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis data, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Departemen Taklim berperan positif di asrama, Departemen Taklim sebagai pembantu kepala madrasah dan pembina asrama dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan dan pengajaran di asrama. Departemen Taklim juga sebagai penyelenggara dan pelaksana kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan pengajaran di asrama. 2) faktor penunjangnya meliputi: konsultasi dengan pembina asrama, kerjasama antar Departemen, kondisi fisik dan psikis santriwati memadai, kondisi alam dan lingkungan strategis dan tersedianya sarana yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: semangat yang kurang dari santriwati sehingga menjadi momok bagi yang lain, belum memiliki masjid sendiri di asrama, dan penanganan sarana yang rusak terlalu lama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Departemen Taklim, Peningkatan Pendidikan Islam, dan Asrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 10:25
Last Modified: 29 Oct 2021 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25827

Actions (login required)

View Item View Item