Setyawan, Teguh and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2013) Melek Geografi SMA 7 Surakarta Dan MA Al Islam Di Kecamatan Serengan Dalam Mengenal Bencana Banjir Dan Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_publikasi.pdf Download (415kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (306kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penanganan terhadap melek Geografi belum dilakukan secara optimal. Selama ini, pembelajaran mengenahi Geografi dianggap bukan prioritas utama dan hanya sebagai pengetahuan yang umum, padahal melek Geografi adalah hal yang penting bagi masyarakat Indonesia yang merupakan wilayahnya rawan terhadap bencana. Dalam hal ini pendidikan baik kurikulum maupun budaya,pemahaman Geografi sekolah harus ditanamkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam mengenal karakteristik bencana dengan melek Geografinya dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pihak sekolah dan dari guruyang merupakan faktor paling ber pengaruh. Penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif-kuantitatif, dengan menggunakan menelaah Rpp guru yang mengajar mata pelajaran yang bersangkutan yaitu Geografi selain itu di lakukan juga wawancara untuk memperkuat data. Data dianalisis dengan melakukan kategori dan reduksi data. Data ditampilkan secara naratif dengan dukungan data kuantitaif yang dihitung dengan prosentase. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Pengetahuan siswa SMA terhadap melek geografi dikategorikan cukup baik dengan prosentase mencapai 52,12% 2) Sekolah belum memiliki kebijakan mengenahi kegiatan yang bersangkutan langsung dengan lingkungan baik dari kurikulum maupun dari rpp guru yang bersangkutan dan peran gurupun juga kurang begitu maksimal karna kebijakan yang ingin di ambil tida sesuai dengan kebijakan yang sudah di buat sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan melek Geografi dan faktor stategis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 06:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25817 |
Actions (login required)
View Item |