Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Kasus Di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Blora)

Suryanti, Yuli Dwi (2013) Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Kasus Di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penyaluran kredit merupakan kegiatan yang berisiko bagi bank, oleh karena itu perlu diimbangi dengan adanya ketentuan hukum jaminan yang jelas dan lengkap, mengingat setiap penyaluran kredit memerlukan jaminan yang kuat. Dengan dibuatnya Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia ini dimaksudkan untuk membantu kegiatan usaha dan untuk memberikan kepastian hukum kepada para pihak yang berkepentingan, terutama dalam dunia perbankan. Dalam skripsi ini penulis mencoba memberikan analisis mengenai pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia dalam prakteknya di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Cabang Blora dan masalah-masalah apa yang menyebabkan debitur wanprestasi dan penyelesaiannya. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat penelitian deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk, Cabang Blora dengan debitur telah dijalankan dengan baik sesuai dengan apa yang diperjanjikannya. Namun dalam prakteknya pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Cabang Blora dibuat secara akta notaris begitu pula dengan akta jaminan fidusianya, akan tetapi akta jaminan fidusianya tidak langsung dilakukan pendaftaran jaminan fidusia Hal-hal yang menyebabkan debitur wanprestasi yaitu karena debitur tidak membayar angsuran tepat pada waktunya sehingga terjadi tunggakan, oleh karena itu pihak PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Cabang Blora menyelesaikannya dengan tidak melakukan eksekusi benda jaminan milik debitur, tetapui dengan upaya preventif dengan memberikan pengarahan, pendekatan, surat peringatan yang menyatakan bahewa debitur harus segera melunasi utangnya, untuk memperingan debitur, pihak bank menghapus semua tunggakan bunga kredit, atas kesadarn debitur ia menghadap pihak bank untuk melunasi seluruh utangnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Perjanjian Kredi, Jaminan Fidusia
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:38
Last Modified: 12 Sep 2013 13:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item