Analisis Pengaruh Tingkat Kemiskinan, Tenaga Kerja Dan Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Eks-Karesidenan Surakarta Tahun 2006-2010

Anshori, Teguh and , Eni Setyowati, SE, M.Si (2013) Analisis Pengaruh Tingkat Kemiskinan, Tenaga Kerja Dan Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Eks-Karesidenan Surakarta Tahun 2006-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang familier digunakan dalam menentukan keberhasilan suatu pembangunan. Pertumbuhan ekonomi digunakan sebagai ukuran atas perkembangan atau kemajuan perekonomian dari suatu negara atau wilayah karena berkaitan dengan aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat khususnya dalam hal peningkatan produksi barang dan jasa. Peningkatan tersebut kemudian diharapkan dapat memberikan trickle down effect yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi menjadi target utama dalam pembangunan. Pembangunan harus mencerminkan perubahan total suatu masyarakat atau penyesuaian sistem sosial secara keseluruhan, tanpa mengabaikan keragaman kebutuhan dasar dan keinginan individual maupun kelompok-kelompok sosial yang ada di dalamnya untuk bergerak maju menuju suatu kondisi kehidupan yang serba lebih baik, secara material maupun spiritual (Todaro, 2003:21). Dengan terjadinya Pertumbuhan ekonomi tentu akan berimplikasi terhadap semua sektor yang mempengaruhinya, diantaranya tingkat kemiskinan, tenaga kerja dan Kemandirian Daerah sebagai ukuran desentralisasi fiskal, berupa rasio realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditambah bagi hasil pajak dan bukan pajak dengan realisasi pengeluaran total pemerintah. Studi ini akan meneliti tentang pengaruh kemiskinan, tenaga kerja dan desentralisasi fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi ( PDRB) di eks-Karesidenan Surakarta tahun 2006-2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemiskinan, tenaga kerja dan desentralisasi fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi ( PDRB) di eks-Karesidenan Surakarta tahun 2006-2010 sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai rujukan pemerintah eks-Karesidenan Surakarta dalam mengambil kebijakan terkait pertumbuhan ekonominya. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan metode analisis yang digunakan adalah OLS panel data dengan metode Random Effect dengan bantuan software Eviews 7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemiskinan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap PDRB. Variabel jumlah tenaga kerja memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDRB. Variabel desentralisasi fiskal yang diproksi dengan rasio antara pendapatan asli daerah (PAD) ditambah bagi hasil pajak dan bukan pajak dengan realisasi pengeluaran total pemerintah menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB di eks-Karesidenan Surakarta tahun 2006-2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PDRB, Kemiskinan, Tenaga Kerja, Desentralisasi Fiskal
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:12
Last Modified: 01 Nov 2021 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item