ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR DI DEALER YAMAHA MULIA PABELAN KARTASURA

PRABOWO , IGA BUDI (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR DI DEALER YAMAHA MULIA PABELAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF
B100040058.pdf

Download (197kB)

Abstract

Industri otomotif sepeda motor mengalami persaingan yang sangat ketat. Jika industri sepeda motor ingin tetap eksis di pasar otomotif, maka harus tetap konsisten dengan strategi tersebut. Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Tingginya permintaan motor tidak hanya disebabkan oleh faktor kebutuhan semata, akan tetapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti tingkat pendapatan, atribut produk, merek, harga, merek, cara pembayaran, resale value, kelompok referensi dan lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian motor di dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Adapun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sample yang digunakan sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh persamaan Y = 4,220 + 0,256 X1 + 0,448 X2 + 0,294 X3 + 0,228 X4 + e, yang dapat diinterpretasikan bahwa variabel tingkat pendapatan (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel harga jual (X3) dan variabel promosi (X4) mampunyai pengaruh positif terhadap keputusan membeli. Hasil uji t menunjukkan bahwa: X1 dengan t hitung = 3,657 maka variabel tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. X2 dengan thitung = 6,191 maka variabel kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. X3 dengan thitung = 3,870 maka variabel harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. X4 dengan thitung = 3,728 maka variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Hasil uji F sebesar 76,674 menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel independen yang terdiri dari tingkat pendapatan, kelompok referensi, harga jual dan promosi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian motor di dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura, terbukti kebenarannya, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil output pengolahan data sebagaimana terlampir didapatkan koefisien determinasi (R2) sebesar 76,4%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen dalam penelitian ini atau keputusan pembelian sebesar 76,4 % yang dijelaskan oleh variabel independen yang terdiri dari tingkat pendapatan, kelompok referensi, harga jual dan promosi, sedangkan sisanya 23,6 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : tingkat pendapatan, kelompok referensi, harga jual, promosi, dan keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 12 Jun 2009 08:09
Last Modified: 16 Nov 2010 21:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item