Implementasi Pemasaran Produk BMT Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di BMT Amanah Ummah)

Tahlil, Muhammad and , Drs. Syarafudin HZ, M.Ag. and , Supawi Pawenang, S.E, M.M (2013) Implementasi Pemasaran Produk BMT Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di BMT Amanah Ummah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (428kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (717kB)

Abstract

Pemasaran merupakan suatu proses dan manajerial antar individu dan kelompok untuk mencukupi kebutuhan dan memenuhi keinginan dengan cara menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Setiap perusahaan selalu berusaha agar produk yang dihasilkan dapat terjual atau dibeli oleh konsumen akhir yang memadai sehingga tujuan sasaran perusahaan dapat tercapai. oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencari dan membina langganan untuk menguasai pasar. Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran.yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Penulisan ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pemasaran produk BMT amanah ummah serta bagaimana hukum Islam meninjaunya. Maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penulis mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan diolah menggunakan metode deskriptif-kualitatif yaitu dengan menganalisis dan mendeskripsikannya. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, maka penulis menyimpulkan bahwa BMT Amanah Ummah sebagai lembaga keuangan berasaskan prinsip syari’ah menerapkan strategi jemput bola, marketing mix, memperluas jaringan usaha, serta pemilihan karyawan yang berpotensi. Serta implementasi pemasaran produk BMT Amanah Ummah sudah sesuai dengan hukum Islam yaitu penerapan etika Islam dalam pemasaran seperti aspek kejujuran, keadilan, kepedulian serta amanah dan professional. Selain itu BMT Amanah Ummah juga menerapkan sistem bagi hasil yang sebagai upaya menghindari bunga atau riba yang dilarang oleh Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Strategi pemasaran, Implementasi, Hukum Islam
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BL Religion
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:40
Last Modified: 03 Dec 2022 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25707

Actions (login required)

View Item View Item