Asuhan Keperawatan Pada Ny.W Dengan Gangguan Sistem Pencernaan : Demam Typhoid Di Ruang Multazam Rs Pku Muhammadiyah Surakarta

HIDAYATI, EVA NUR and , Arina Maliya, S.Kep., M.Si.Med. and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep, Ns, ETN, M.Kep (2013) Asuhan Keperawatan Pada Ny.W Dengan Gangguan Sistem Pencernaan : Demam Typhoid Di Ruang Multazam Rs Pku Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (671kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (676kB)

Abstract

Demam typhoid adalah penyakit infeksi akut pada saluran pencernaan (usus halus) yang disebabkan oleh bakteri gram negatif Salmonella Typhi, Salmonella Paratyphi A, B, C. Penyakit ini ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, lalat, tinja atau urin orang yang terinfeksi. Gejala klinisnya secara umum antara lain : panas lebih dari satu minggu, mual, muntah, nyeri perut, diare, konstipasi. Diagnosis ditegakkanberdasarkan anamnesa dan pemeriksaan laboratorium.Komplikasi yang dapat ditimbulkan meliputi komplikasi intestinal maupun ekstra intestinal.Dalam penanganannya diberikan terapi farmakologis dan non farmakologis. Tujuan :Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada klien demam typhoid, yang meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama tiga hari, muncul enam diagnosa dengan hasil dua masalah teratasi (hiperthermi dan nyeri) dan empat masalah teratasi sebagian (ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, resiko kekurangan cairan, gangguan pola eliminasi: konstipasi, dan intoleransi aktivitas). Dalam implementasi sebagian besar telah sesuai dengan rencana tindakan yang telah disusun, seperti memberikan makanan dalam keadaan hangat dapat meningkatkan nafsu makan klien, teknik relaksasi progresif dapat mengurangi rasa nyeri, meningkatkan asupan cairan sedikitnya dua liter per hari dapat membantu mengatasi konstipasi dan dapat memenuhi kebutuhan cairan, melibatkan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan klien, membantu aktivitas klien secara bertahap untuk memandirikan klien. Kesimpulan :Penulis dapat melakukan asuhan keperawatan secara langsung mulai dari pengkajian, memenentukan diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan kerjasama antar tim kesehatan, pasien dan keluarga sehingga tercapai hasil yang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asuhan keperawatan, demam typhoid.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:06
Last Modified: 01 Jun 2016 09:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25700

Actions (login required)

View Item View Item