Pendidikan Karakter Berbasis Tazkiyatun Nafs (Studi Situs Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta)

PURNOMO, TIJAN and , Dr.Muindinillah Basri, M.A and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) Pendidikan Karakter Berbasis Tazkiyatun Nafs (Studi Situs Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah__Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
File_Bab_I.pdf

Download (510kB)
[img] PDF (BAB II)
File_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
File_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] PDF (BAB IV)
File_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (BAB V)
File_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis tazkiyatun nafs dalam kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta, (2) Mendeskripsikan Pendidikan karakter berbasis tazkiyatun nafs melalui tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta; (3)Medeskripsikan pendidikan karakter berbasis tazkiyatun nafs dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis analisis interaktif. Adapun analisis interaktif diawali dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Pendidikan Karakter Berbasis Tazkiyatun Nafs dalam Kurikulum dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai tazkiyatun nafs kedalam kurikulum pendidikan agama Islam dan mengintegrasikan nilai-nilai tazkiyatun nafs kedalam kegiatan pembiasaan yang terprogram dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SDIT Ar-Risalah. Adapun kegiatan pembiasan tersebut seperti shalat berjama’ah, shalat dhuha, tadarrus al-Qur’an, shiyam ramadhan, I’tikaf ramadhan, zakat fitrah dan udhiyyah. (2) Pendidikan Karakter Berbasis Tazkiyatun Nafs melalui tenaga pendidik dilakukan dengan pembinaan guru dalam majelis ta’lim, dan pengamalan nilai-nilai tazkiyatun nafs melalui keterlibatan guru dalam kegiatan pembiasaan siswa seperti shalat fardhu berjama’ah, shalat dhuha, dan tadarrus al-Qur’an. (3) Pendidikan Karakter Berbasis Tazkiyatun Nafs dalam Pembelajaran dilakukan dengan menginternalisasikan nilai-nilai tazkiyatun nafs kedalam kegiatan pembelajaran seperti tilawatul Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran dan tahalluq dengan ahlak rasul dengan memberikan kisah rasul dan ulama salaf di awal kegiatan pembelajaran serta kegiatan mentoring hafalan hadis yang berhubungan dengan aqidah dan ahlak.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Karakter, Tazkiyatun Nafs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 07:25
Last Modified: 25 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item View Item