Penerapan Du Pont System Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2011)

Dziqron, Moh and , Dra. Wuryaningsih Dwi Lestari, M.M (2013) Penerapan Du Pont System Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (758kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kinerja keuangan perusahaan semen dengan penerapan metode du pont system. Analisis Du Pont digunakan untuk mengetahui faktor mana yang paling kuat pengaruhnya antara profit margin dan total asset turnover terhadap ROI. Disamping itu dengan analisis ini dapat mengevaluasi perubahan-perubahan kondisi dan kinerja perusahaan, apakah ada peningkatan atau penurunan atau kedua-duanya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan du pont system. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak perusahaan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keungan perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Variabel yang digunakan dalam perhitungan Du pont System yaitu Return On Investment, Total Asset Turnover, dan NetProfit Margin. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan Du pont System dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan semen yang terdafatar di BEI selama lima tahundiperoleh rata-rata industri dari masing-masing variabel yaitu Total Asset Turnover 0,87kali, Net Profit Margin 17,95%, ROI (Du Pont) 15,91%. Dari perhitungan masing-masing variabel PT Holcim Indonesia Tbk mengalami fluktuasi tiap tahunnya dan berada dibawah rata-rata industri. Hal ini menunjukan bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba kurang baik. Dari perhitungan masing-masing variabel PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mengalami fluktuasi tiap tahunnya dan berada diatas rata-rata industri kecuali Total Asset Turnover. Hal ini menunjukan bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba cukup baik. Dari perhitungan masing-masing variabel PT Semen Gresik (Persero)Tbk mengalami fluktuasi tiap tahunnya dan berada diatas rata-rata industri. Hal ini menunjukan bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba semakin baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return On Investment, Total Asset Turnover, Net Profit Margin
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2013 08:32
Last Modified: 21 Oct 2021 00:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25660

Actions (login required)

View Item View Item