Setiawan, Heri and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2013) Peran Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Is Sma Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf Download (387kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan sistem pendidikan pada saat ini. Hal ini dapat terlihat dengan mulai banyak digunakannya media-media pembelajaran berbasis teknologi di dalam proses pembelajaran, salah satunya berupa multimedia berbasis komputer. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti ini, memungkinkan guru dapat menyampaikan materi pelajaran dalam bentuk yang lebih interaktif dan variatif kepada para siswanya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, bagaimana peran multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XI IS SMA Al-Islam 3 Surakarta, dan apa saja faktor yang menjadi pendukung serta penghambatnya. Sedangkan tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji sejauh mana peran multimedia dalam proses pembelajaran, terkait dengan usaha sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya di dalam kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pemanfaatan multimedia di SMA Al-Islam 3 Surakarta telah membantu guru dalam usaha untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Untuk mencapai hal tersebut guru mengadakan variasi pada metode pembelajaran, yaitu dengan menggunakan metode active learning, dan memafaatkan multimedia di dalam proses pembelajaran. Cara pengajaran seperti ini dapat melatih peserta didik untuk lebih aktif lagi dalam belajar, serta mampu membangkitkan hasrat mereka dalam belajar. Sehingga dengan upaya tersebut peserta didik dapat mencapai hasil belajar secara lebih maksimal. Dengan menggunakan multimedia peserta didik dapat menerima pelajaran dalam bentuk yang lebih nyata dan lebih konkrit, yaitu melalui materi pelajaran yang ditampilkan lewat LCD ataupun proyektor. Penggunaan multimedia secara tepat, yang didukung dengan peran aktif guru dalam proses pembelajaran mampu menjadikan peserta didik lebih aktif di dalam kelas. Selain itu materi yang telah divisualisasikan dengan menggunakan multimedia mampu menarik perhatian peserta didik dalam belajar, sehingga mereka menjadi lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia memiliki peranan yang penting dalam usaha peningkatan motivasi peserta didik dalam belajar. Dengan multimedia materi pelajaran dapat divisualisasikan dalam bentuk yang lebih menarik, sehingga dapat menumbuhkan hasrat pada diri peserta didik untuk belajar. Selain itu penerapan multimedia juga bertujuan untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran multimedia, meningkatkan motivasi, belajar siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 10:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25626 |
Actions (login required)
View Item |