ARSYAD, M. BAHARUDDIN (2008) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ROKOK JAMBU BOL KUDUS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040044.pdf Download (209kB) |
|
PDF
B100040044.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
Abstract
Di masa perekonomian dengan persaingan yang semakin intensif sekarang perusahaan dituntut mampu memenangkan persaingan. Untuk mencapai hal tersebut perusahaan harus membuat kebijakan baik internal maupun eksternal, kebijakan internal yang ditempuh perusahaan yaitu dengan memperhatikan unsur- unsur bauran pemasaran dalam pemasarannya, sedangkan dalam menghadapi faktor eksternal yang merupakan faktor yang tidak terkendali tetapi mepunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pemasaran. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : bagaimana letak posisi strategik pemasaran perusahaan rokok Jambu Bol Kudus dan bagaimana realisasi strategi pemasaran perusahaan rokok Jambu Jol Kudus dalam melakukan pemasaran dan bagaimana strategi pemasaran yang seharusnya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk manganalisis posisi strategik pemasaran perusahaan rokok Jambu Bol Kudus dan untuk menganalisis realisasi pemasaran perusahaan rokok Jambu Bol Kudus dalam melakukan pemasaran dan untuk menganalisis strategi pemasaran yang seharusnya. Variabel dalam penelitian ini meliputi : variabel internal yaitu : prodik, harga, promosi dan distribusi, sedangkan variabel eksternal meliputi luas pasar, pertumbuhan pasar, daya beli, pesaing, pemasok, pendatang baru, produk pengganti, peraturan pemerintah dan perkembangan teknologi. Jenis dan sumber datanya meliputi data primer dan sekunder, sampelnya sebanyak 112 responden, pengumpulan datanya menggunakan dokumen, interview dan kuesioner. Analisis datanya dengan menggunakan analisis validitas, reliabilitas dan analisis SWOT. Dengan menggunakan analisis diatas diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut : 1. letak posisi strategis pemasaran Perusahaan Rokok Jambu Bol Kudus tersebut dalam gambar SWOT terletak pada posisi investasi yang merupakan interaksi dari posisi ETOP usaha ideal dengan posisi SAP aman (favourable). 2. Realisasi pemasaran Perusahaan Rokok Jambu Bol Kudus menunjukkan adanya kekuatan, dan berada pada posisi aman (favourable) pada kelas interval posisi persaingan persaingan (SAP) atas faktor produk, harga, promosi dan distribusi, sedangkan pada analisis faktor eksternal (ETOP) yang dibagi dalam 2 variabel yaitu : pertama, faktor peluang eksternal EOE (Environment Opportunity Element) yang menunjukkan adanya peluang atas faktor perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar, kebijakan pemerintah, sedangkan faktor ancaman lingkungan eksternal ETE (Environment Threat Element) yang menunjukkan ancaman yang tidak cukup berarti atas faktor keberadaan pesaing, produk pengganti, tingkat inflasi dan kebijakan pemerintah. 3. Strategi pemasaran Perusahaan Rokok Jambu Bol Kudus yang seharusnya adalah dengan mengembangkan daerah pemasarannya sesuai jangkauan yang dibutuhkan oleh konsumen atas produk tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Strategi, Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 07:30 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 22:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2562 |
Actions (login required)
View Item |