Tinjauan Kuat Tekan Dan Keruntuhan Balok Beton Bertulang Menggunakan Pecahan Keramik Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Kasar Dengan Bahan Tambah BV Special

Prasetiyo, Adi and , Ir. Henry Hartono, M.T., and , Basuki, S.T., M.T. (2013) Tinjauan Kuat Tekan Dan Keruntuhan Balok Beton Bertulang Menggunakan Pecahan Keramik Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Kasar Dengan Bahan Tambah BV Special. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (395kB)

Abstract

Pada jaman modern sekarang ini perkembangan dibidang konstruksi bangunan semakin berkembang. Salah satu yang berkembang dibidang ini yakni teknologi betonnya. Bahan tambah digunakan untuk memodifikasi sifat dan karakteristik dari beton. Agregat dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sumbernya, yaitu agregat alam dan agregat buatan (pecahan). Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuat tekan dan keruntuhan yang terjadi pada balok beton bertulang dengan pecahan keramik sebagai pengganti sebagian agregat kasar dan bv special sebagai bahan tambah dengan nilai fas 0,40 pada umur pengujian 28 hari. Pada penelitian ini menggunakan variasi pemakaian pecahan keramik : 0%, 10%, 20%, 30%, 40% dari total kebutuhan agregat kasar yang diperlukan dalam perancangan adukan beton dan pemakaian bv special 0,3% dari berat semen pada beton normal sesuai dosis. Tinjauan analisis penelitian adalah kuat tekan pada silinder beton dan keruntuhan pada balok beton bertulang. Benda uji berupa silinder beton diameter = 15 cm, h = 30 cm dan balok beton ukuran (10 x 15 x 100) cm3 dan tulangan diameter = 6 mm dan begel diameter = 4 mm. Metode perancangan campuran adukan beton menggunakan metode American Concrete Institute. Penambahan persentase variasi pecahan keramik menyebabkan penurunan kuat tekan beton sebaliknya pada kuat lentur beton variasi pecahan keramik membuat hasil pengujian meningkat. Penambahan bv special 0,3% menyebabkan adukan beton menjadi lebih lecak dan lebih mudah dikerjakan. Kuat tekan silinder beton pada variasi pengganti pecahan keramik 0% dan penambahan bv special 0,3% menghasilkan kuat tekan maksimum sebesar 30,086 MPa. Kuat lentur balok beton pada persentase variasi pengganti pecahan keramik 10% dan penambahan bv special 0,3% menghasilkan momen lentur maksimum adalah sebesar 2,728 kN-m. Adanya persentase pengganti pecahan keramik 10%-40% menghasilkan momen pengujian lebih meningkat dari momen teoritis. Hasil perbandingan selisih antara momen pengujian dengan momen teoritis berkisar antara 4,307% sampai 16,977%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bv special, kuat lentur beton, kuat tekan beton, pecahan keramik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 07:21
Last Modified: 02 Nov 2021 14:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item