Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Matesih Tahun Pembelajaran 2012/2013

Sulastiyah, Atik Sri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Matesih Tahun Pembelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (809kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (669kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu metode yang dipandang cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah metode Course Review Horay.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Course Review Horay pada siswa kelas III SD Negeri 03 Matesih tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini, data awal tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA hanya sekitar 59,45 %. Setelah siklus I pertemuan 1 dilaksanakan, terjadi peningkatan tingkat keaktifan siswa menjadi 60,26%. Pada pertemuan 2 siklus I terjadi peningkatan kembali tingkat keaktifan siswa menjadi 61,62%. Tingkat keaktifan siswa terus-menerus bertambah pada pertemuan 1 dan 2 siklus II, dengan persentase masing-masing sebesar 84,87% dan 85,82%. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SD Negeri 03 Matesih Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keaktifan, Course Review Horay
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Sep 2013 12:49
Last Modified: 26 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25522

Actions (login required)

View Item View Item