Zulaikhah, Umi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Semester II MI Muhammadiyah Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (519kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas V semester II, MI Muhammadiyah Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data yang digunakan adalah analisia komparatif dan analisa kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi, motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V semester II, MI Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013 bisa meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dari prosentase kenaikan motivasi belajar siswa sebelum penelitian hanya mencapai 29 % ( 7 siswa ) kemudian pada siklus I mulai diterapkan metode demonstrasi, meningkat menjadi 58 % ( 14 siswa ) setelah dilakukan revisi dan evaluasi meningkat menjadi 83 % ( 20 siswa ) yang mempunyai motivasi belajar tinggi, pada akhir siklus II
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, metode pembelajaran Demonstrasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 06:41 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25473 |
Actions (login required)
View Item |