Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II Sdn Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013

Mutmainah, Siti and , Drs. Sutan Sahrir Zabda, M.H (2013) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II Sdn Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Secara umum meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. (2) Secara khusus untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS melalui metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Ketapang Susukan Semarang yang berjumlah 26 anak terdiri dari 10 siswa putri dan 16 siswa putra. Data yang diperoleh selama penelitian berlangsung akan dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan metode picture and picture meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS kelas IV di SDN Ketapang 01. Dilihat dari nilai rata-rata kelas dari kondisi awal/prasiklus, siklus I, dan siklus II adalah mengalami peningkatan. Pada kondisi awal rata-rata kelas adalah 63,46 meningkat menjadi 68,46 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 71,88. Kemudian, ketercapaian ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada kondisi awal adalah 15 siswa (57,69%), meningkat menjadi 22 siswa (84,62%) pada siklus I, dan menjadi 24 siswa (92,31%) pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, keaktifan siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 06:14
Last Modified: 29 Oct 2021 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25469

Actions (login required)

View Item View Item