J I Y O , JIYO (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (316kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
||
|
PDF (NASAKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (671kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III SD Negeri 2 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan melalui penerapan metode guided inquiry-discovery. Penelitian ini menggunkan metode Pnelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, di mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitialan ini berlangsung dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, lembar observasi,wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif ,yaitu keterkaitan antara tiga penarikan kesimpulan/verikasi. Hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan : penerapanmetode guided inquiry – discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pembelajaran gerak benda pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ngraji kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Hal ini dapat dilihat dalam prosentase kenaikan nilai ulangan IPA materi gerak benda pada siswa kelas III, dari siklus 1 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 9 anak atau 47,37% dari 19 anak , pada siklus 2 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 10 anak atau 52,63% dari 19 siswa dan siklus 3 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 17 anak atau 89,47% dai 19 anak. Dari siklus 1 kemudian dilaksanakan siklus 2 hasil belajar siswa mengelami prosentase kenaiakan 5,26%, dari siklus 2 kemudian dilaksanakan siklus ke 3 mengalami kenaikan 36,84% Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran melalui penerapan metode guided inquiri discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ngraji kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, penerapan Metode Guided Inquiri - Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 05:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2013 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25464 |
Actions (login required)
View Item |