Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Media Flash Movie Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Karangrejo Tahun Pelajaran 2012 / 2013.

Hariyono, Hariyono and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Media Flash Movie Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Karangrejo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Think Pair Share ( TPS ) melalui Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif model media flash movie siswa kelas IV SD Negeri 5 Karangrejo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Dengan jumlah siswa 20 anak siswa laki – laki 9 dan siswa permpuan 11 peneliti sebagai guru kelas tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas yanag terdiri dari dua siklus, masing –masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflksi hasil observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan prosentase keaktifan belajar pada kondisi awal, prosentase keaktifan siklus I dan prosentse keaktifan pada siklus II. Dapat diambil kesimpulan bahwa rata- rata prosentase keaktifan belajar pada kondisi awal 45% setelah tindakan siklus I rata- rata prosentase keaktifan belajar menjadi 60%, ini menunjukan mengalami peningkatan 15%. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II rata-rata prosentase keaktifan belajar menjadi 85% ini berarti meningkat 25%.Secara teoritik dan empirik bahwa melalui pembelajaran kooperatif dengan model “ Think Pair Share” dengan media flash movie dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik dan prosesnya pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Karangrejo tahun pelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, think pair share, flash movie
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Sep 2013 12:28
Last Modified: 26 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item