Asriningsih, Ika Susi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN 2 Terkesi Kecamatan Klambu Pada Semestergenap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (235kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMA_N_DEPAN.pdf Download (440kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasi belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menerapkan metode bermai peran pada kelas III SD Negeri 2 Terkesi Kecamatan Klambu tahun ajaran 2012/ 2013.Bentuk Penelitianiniadalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitiantindakankelas (PTK). Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. SubjekpenerimatindakanadalahsiswakelasSDN 2 Terkesi Kecamatan Klambu tahun ajaran 2012/ 2013, yang berjumlah43siswadansubjekpemberitindakanadalahpeneliti yang berkolaborasidenganguru senior sebagai teman sejawat. Metodepengumpulan data dilakukandenganobservasi, catatanlapangan, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar bahasa indonesi indonesia dengan menerapkan metode bermai peran pada kelas III SD Negeri 2 Terkesi Kecamatan Klambu tahun ajaran 2012/ 2013. Peningkatan motivasi belajar bahasa indonesia terliahat pada tindakan siklus I peningkatan motivasi belajar siswa menikat menjadi 65% atau 28 siswa dari sebelum tindakan yaitu 40 % atau 17 siswa, berdasarkan indikator pencapain pada penelitian pada siklus I 60% maka siklus I di nyatakan berhasil. Namun peneliti ingin meningkatkan motivasi belajar IPA tidak sampai disitu saja, maka dilakukan tindakan siklu II dengan hasil peningkatan motivasi belajar siswa meningkat yaitu 88% atau 38 siswa dari tndakan siklus I yaitu 65% atau 28 siswa. Dari hasil tindakan siklus II sudah mencapai indikator kerja pada siklus II yaitu 75% maka penelitian ini dirasa sudah berhasil untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia. Dari fakta diatas maka dapatditarik kesimpulan bahwa metode Bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 2 Terkesi Kecamatan Klambu tahun ajaran 2012/ 2013. Terbuktidandapatditerimakebenaranya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bermain peran, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 11:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25446 |
Actions (login required)
View Item |