Wahyudi, Tri and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Penggunaan Media Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 1 Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika menentukan bilangan bulat melalui media garis bilangan di kelas IV SD Negeri 1 Ringinpitu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa IV SD Negeri 1 Ringinpitu yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menerapkan media garis bilangan. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan kreativitas belajar siswa dalam mementukan bilangan bulat melalui penggunaan media garis bilangan pada siswa kelas IV semester II SDN 1 Ringinpitu Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media garis bilangan dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa mata pelajaran matematika menentukan bilangan bulat hingga sebanyak 93%. Kinerja guru dalam menerapkan media garis bilangan meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I kinerja guru menc apai 62,5%. pada siklus II kinerja guru meningkat menjadi 91,7%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV semester II SDN 1 Ringinpitu tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Media Garis Bilangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 10:07 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25429 |
Actions (login required)
View Item |