Untari, Sri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Stad Bagi Siswa Kelas VB SD Negeri 01 Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (634kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (942kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas VB SD Negeri 01 Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas VB di SD Negeri 01 Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 18. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif interaktif, yaitu membahas siklus I, siklus II, dan membandingkan kedua siklus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari aspek: (1) Siswa perhatian terhadap pembelajaran sebelum tindakan 44,44% setelah tindakan menjadi 86 %; (2) Siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 27,78% setelah tindakan menjadi 80,5%; (3) Siswa bertanya jika belum jelas sebelum tindakan 27,78% setelah tindakan menjadi 80,5%; (4) Siswa ulet mencari informasi untuk menyelesaikan masalah sebelum tindakan 38,89% setelah tindakan menjadi 83%; (5) Siswa aktif mengemukakan pendapat sebelum tindakan 44,44% setelah tindakan menjadi 80,5%; (6) Siswa berusaha mencoba mengerjakan soal sebelum tindakan 50 % setelah tindakan menjadi 83%. Peningkatan keaktifan siswa diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan terdapat 10 siswa dari 18 siswa yang belum tuntas, pada siklus I terdapat 6 siswa dari 18 siswa yang belum tuntas, dan pada siklus II terdapat 2 siswa dari 18 siswa yang belum tuntas. Jadi strategi pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas VB SD Negeri 01 Mojogedang tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, STAD, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 12:20 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25420 |
Actions (login required)
View Item |