Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Card Sort Di Kelas IV B Semester Genap Sekolah Dasar Negeri 01 Tawangmangu Tahun 2012/2013

Suryanti, Enny and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Card Sort Di Kelas IV B Semester Genap Sekolah Dasar Negeri 01 Tawangmangu Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa dan guru di kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator kinerja yang digunakan adalah indikator kualitatif yang berupa keaktifan, dan indikator kuantitatif yang berupa besarnya nilai tes yang diperoleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis Komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu yaitu terbukti dengan angka persentase keaktifan belajar siswa pada kondisi awal yang hanya 38,46% meningkat menjadi 61,54% pada siklus I dan mencapai 88,46% pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa pembelajaran dengan strategi card sort mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika pada kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, belajar, Matematika, strategi, Card Sort
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:20
Last Modified: 26 Oct 2021 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25418

Actions (login required)

View Item View Item