Suryanti, Enny and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Card Sort Di Kelas IV B Semester Genap Sekolah Dasar Negeri 01 Tawangmangu Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (327kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa dan guru di kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator kinerja yang digunakan adalah indikator kualitatif yang berupa keaktifan, dan indikator kuantitatif yang berupa besarnya nilai tes yang diperoleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis Komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu yaitu terbukti dengan angka persentase keaktifan belajar siswa pada kondisi awal yang hanya 38,46% meningkat menjadi 61,54% pada siklus I dan mencapai 88,46% pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa pembelajaran dengan strategi card sort mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika pada kelas IV B SD Negeri 01 Tawangmangu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, belajar, Matematika, strategi, Card Sort |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 08:20 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25418 |
Actions (login required)
View Item |