Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas II SD Negeri 6 Sindurejo Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Ali Sumarah, Kabul and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas II SD Negeri 6 Sindurejo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode bermain peran pada siswa kelas 2 SD Negeri 6 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Jawa Tengah pada Tahun 2012 /2013. Pada saat kegiatan pembelajaran pra siklus, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, kurang antusias, kurang aktif, dan perhatian siswa terpecah pada hal lain. Metode penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan metode bermain peran yang melibatkan unsur sosial dalam pembelajaran sehingga melibatkan aktivitas seluruh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan secara teoritik dan empirik melalui metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Hal ini dibuktikan pada pra siklus dari 18 siswa yang motivasinya meningkat hanya 28 %, naik menjadi 33 % pada siklus I dan 94% pada siklus II. Data itu menunjukkan tindakan perbaikan telah mencapai keberhasilan karena sudah melampaui indikator pencapaian peningkatan motivasi yang ditetapkan yaitu sebesar ≥80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Motivasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:22
Last Modified: 26 Oct 2021 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item View Item