Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pelajaran Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran TGT Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013

Indrayana, Dwi and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pelajaran Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran TGT Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Ngroto yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode TGT dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi data rata-rata motivasi belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I peserta didik yang termotivasi sebanyak 57,85% sedangkan pada siklus II peserta didik yang termotivasi sebanyak 84,30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode TGT dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar IPA, metode TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:20
Last Modified: 26 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25416

Actions (login required)

View Item View Item