Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Group Investigation Bagi Siswa Kelas IV SDN 02 Harjosari Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013

Mulyani, Endang Tri and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Group Investigation Bagi Siswa Kelas IV SDN 02 Harjosari Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan strategi group investigation dalam materi menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungan pada siswa kelas IV SDN 02 HarjosariKarangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa dan guru kelas IV SDN 02 Harjosari, penelitian dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi group investigation dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada kelas IV SDN 02 Harjosari yaitu terbukti dengan rata-rata hasil belajar PKn yang dicapai siswa pra tindakan 66,0 dengan ketuntasan 60%, pada siklus I meningkat menjadi 72,0 dengan ketuntasan 80% dan sikulus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 80,0 dengan ketuntasan 100%. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi group investigation pada siswa kelas IV SDN 02 Harjosari, dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, hasil, belajar, PKn, strategi, Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:07
Last Modified: 26 Oct 2021 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

View Item View Item