Peningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas Vi SDN 1 Rawoh Tahun Pelajaran 2012/2013

Ratnawati, Ratnawati and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas Vi SDN 1 Rawoh Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (730kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (817kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I_x.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SDN 1 Rawoh, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 1 Rawoh, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah - langkah perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I sampai dengan siklus II terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dapat terlihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus I, dari 18 siswa yang hadir terdapat 61,11% yang melampaui KKM mata pelajaran matematika yaitu ≥ 65. Sedangkan pada siklus yang ke II, dari 18 siswa terdapat 83,33% yang dapat melmpaui nilai KKM sebesar ≥ 65, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 22,32% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran matematika pada siswa kelas VI SDN 1 Rawoh, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, pembelajaran Matematika, peuandekatan kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:06
Last Modified: 26 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item