Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Model Problem Based Instruction(PBI) Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sdn 3 Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Widyastutie, Anita and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Model Problem Based Instruction(PBI) Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sdn 3 Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (922kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSATAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
08_LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah melalui model Problem Based Instruction (PBI) pada konsep pecahan siswa kelas IV SDN 3 Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dua pertemuan, dilanjutkan siklus kedua yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Berdasarkan deskripsi pelaksanaan tindakan, hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh data adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam setiap siklus. Prasiklus nilai rata-rata yang diraih siswa 56, siklus 1 nilai rata-rata siswa 64, sedangkan pada siklus 2 nilai siswa meningkat menjadi 80. Jadi dari prasiklus ke siklus 1 meningkat 8, kemudian meningkat 16 pada siklus 2. Kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas IV SDN 3 Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memecahkan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 07:17
Last Modified: 26 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item