Peningkatan Ketrampilan Operasi Hitung Bilangan Campuran Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri III Gundih Tahun 2012/2013

Kumalasari, Henny and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Peningkatan Ketrampilan Operasi Hitung Bilangan Campuran Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri III Gundih Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran )
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan berhitung pecahan melalui metode drill pada siswa kelas IV semester 2 SDN 2 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali yang berjumlah 14 anak. Hasil penelitian bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan berhitung pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Dilihat dari prasiklus: nilai rata-rata kemampuan berhitung pecahan siswa sebesar 38,29 atau hanya 5 siswa yang mampu dalam berhitung pecaha n dari 14 siswa. Pada siklus I nilai rata -rata kemampuan berhitung pecahan siswa sebesar 62,86 dengan indikasi bahwa semua siswa kelas IV telah mampu menghitung pecahan bahkan sangat mampu dari 14 siswa meskipun belum mendapatkan nilai yang maksimal. Sedangkan dari siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan berhitung pecahan siswa sebesar 86 atau ada 2 siswa yang mencapai kemampuan sangat mampu dan 12 siswa yang sangat mampu sekali. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari pra siklus, Siklus I, dan Siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode drill, kemampuan berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 06:58
Last Modified: 26 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item