Safitri, Zulfa and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012 /2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Publikasi Karya Ilmiah)
02_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (189kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL ) di kelas II SD Negeri 2 Sugihmanik. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa II SD Negeri 2Sugihmanik yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL ). Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan motivasi belajar siswa dapat meningkat minimal 80% dan kinerja guru dalam menerapkan pendekatan CTL meningkat minimal 80 %. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL ) telah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, gerak, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar dengan hasil pengamatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 63,98%, pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 85,50%. Kinerja guru dalam menerapkan metode CTL meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I kinerja guru mencapai 57,14%, pada siklus II kinerja guru meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa ” melalui pendekatan contextual teaching learning ( CTL ) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012 / 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Pendekatan CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 06:56 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25397 |
Actions (login required)
View Item |