Suradi, Suradi and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (498kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (4kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Tahun 2013, Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang melalui penggunaan media gambar.Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 04 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Simpulan dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menekanan pada pencapaian hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari peningkatan nilai ketuntasan siswa. Pada kondisi awal ke kondisi akhir peningkatan ketuntasan siswa sebanyak 12 siswa atau 60%. Terbukti pada siklus II sebanyak 23 siswa atau 92% dan yang belum tuntas hanya 2 atau 8%. Berdasarkan indikator kinerja 85%, dengan ketuntasan 23 siswa atau 92%, berarti telah mencapai batas tuntas di atas indikator kinerja. Tercapainya ketuntasan pembelajaran siklus II menandakan tidak perlu dilaksanakan kembali pembelajaran siklus berikutnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media gambar dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 05:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25394 |
Actions (login required)
View Item |