Saimin, Saimin and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (681kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian di SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk meningkatan minat belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Metode pengumpulan datanya berupa;observasi,wawancara,dokumentasi,dan test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan strategi pembelajaran Role playing dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Terbukti dengan angka persentase minat siswa pada kondisi awal yang hanya 41 % meningkat menjadi 65,1% pada siklus I dan mencapai angka 85,5% pada akhir siklus II. Total peningkatan minat belajar adalah sebesar 44,5 %. Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran Role playing mampu meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, belajar, strategi, Role, Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 07:29 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25392 |
Actions (login required)
View Item |