Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013

Saimin, Saimin and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian di SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk meningkatan minat belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Metode pengumpulan datanya berupa;observasi,wawancara,dokumentasi,dan test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan strategi pembelajaran Role playing dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Terbukti dengan angka persentase minat siswa pada kondisi awal yang hanya 41 % meningkat menjadi 65,1% pada siklus I dan mencapai angka 85,5% pada akhir siklus II. Total peningkatan minat belajar adalah sebesar 44,5 %. Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran Role playing mampu meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, belajar, strategi, Role, Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Sep 2013 07:29
Last Modified: 26 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item