Hakim, Eka Lukmanul and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (538kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (353kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan; (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament pada siswa kelas IV SDN 02 Koripan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang telah tuntas menguasai materi sebanyak 18 siswa atau 90%. Sedangkan yang belum tuntas ada 10 % atau 2 siswa. Proses pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman. Hal ini dapat diketahui dari hasil pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran siswa. Hipotesis tindakan yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu penggunann model pembelajaran Team Games Tournamnt (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang Konsep Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Tahun 2012/2013, sehingga hipotesis yang dirumuskan dapat terjawab/ diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, Teams Games Tournament, hasil, dan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 10:19 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 09:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25390 |
Actions (login required)
View Item |