Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Bentuk Bintang Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013

Wahyuni, Tri and , Drs. Joko Santoso, M.Ag (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Bentuk Bintang Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media bentuk bintang bagi anak kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen, Kec. Jaten, Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen, Kec. Jaten, Kab. Karanganyar sebagai pelaksana tindakan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis hasil pembelajaran sebelum dan sesudah tindakan. Penelitian dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan sesuai dengan RBP, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan berulang-ulang dalam 2 siklus dan 2 pertemuan tiap siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bentuk bintang dapat menarik perhatian anak dan meningkatkan rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran berhitung. Tindakan kelas berupa bermain dengan bentuk bintang dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen. Hasil rata-rata kemampuan berhitung dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan berhitung ≥ 50 % per siklus sebanyak 48,80 % (dari 11 anak). Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang memiliki kemampuan berhitung ≥ 50 % sebanyak 60,05 %. Pada siklus I pertemuan II semua memiliki kemampuan ≥ 50 % sebanyak 62,42 %. Pada siklus II pertemuan I siswa yang memiliki kemampuan berhitung ≥ 75 % sebanyak 70,72% dan pada pertemuan II sebanyak 75,87 %. Rata-rata kemampuan berhitung anak pra siklus adalah 48,80 %. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan bermain dengan menggunakan bentuk bintang pada pembelajaran berhitung, dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Pertiwi 02 Dagen, Kec. Jaten, Kab. Karanganyar. Dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, bermain dengan media bentuk bintang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 07:30
Last Modified: 01 Nov 2021 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25345

Actions (login required)

View Item View Item