Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kotak Pintar Pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah 05 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Suprapti, Suprapti and , Drs. Joko Santosa, S.Ag. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kotak Pintar Pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah 05 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (771kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (956kB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk kemandirian anak kelompok B2 TK Aisiyah 05 Ngringo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisiyah 05 Ngringo Jaten Karanganyar, dengan subyek penelitian adalah anak didik kelompok B2 yang berjumlah 20 anak. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi berupa lembar observasi peningkatan berhitung, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif komparatif, dimana hasil observasi yang diperoleh akan direfleksikan kemudian dianalisa dan diambil tindakan. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi.. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan dalam hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa mengimplementasikan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B2. Perkembangan berhitung anak sebelum menggunakan kegiatan membilang hanya 30%. Setelah adanya tindakan siklus satu menunjukkan perkembangan berhitung anak mencapai 61,2% dan siklus dua mencapai 83,8%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kegiatan berhitung memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan anak kelompok B2 TK Aisiyah 05 Ngringo Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 dikatakan berhasil yang ditargetkan 80% ternyata pada siklus dua sudah melibihi target yaitu 83,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kotak Pintar, Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 07:00
Last Modified: 01 Nov 2021 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item