Tasyanti, Tasyanti and , Dr. Hj. Darsinah, SE. M.Si (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Meronce Pada Kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (173kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus anak melalui meronce anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan kegiatan meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian adalah suatu rangkaian tahap peneliti awal sampai akhir, prosedur penelitian ini mencakup tahap-tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten, yang berjumlah 14 anak,selain anak subyek penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini ada dua jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.data kuantitatif berupa kemampuan motorik halus untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak digunakan teknik observasi yaitu melakukan pengamatan langsung dengan teliti. Data kualitatif berupa pelaksanaan meronce, dalam penelitian ini pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan motorik halus anak adalah kegiatan meronce, karena dengan kegiatan meronce ini banyak kegiatan yang akan dilakukan sehingga anak tidak merasa bosan. Pengumpulan data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengembangan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten melalui meronce. Sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan 54,75%, siklus I 70,74%, dan siklus II 93,19%, kesimpulan peneliti ini adalah melalui meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan motorik halus, meronce |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 06:40 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25340 |
Actions (login required)
View Item |