Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Bermain Kooperatif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Rochmawati, Ika and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Bermain Kooperatif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (591kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah anak didik Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 anak. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang membandingkan prosentase skor dengan indikator pencapaian dan menggunakan tekhnik analisis interaktif yang mempunyai 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa bermain kooperatif dapat mengembangkan kemampuan bekerjasama anak hal ini dibuktikan bahwa (1) pada prasiklus mencapai 44%, (2) siklus I mencapai 49%, (3) siklus II mencapai 69%, dan (4) siklus III mencapai 84% sesuai dengan indikator pencapaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bekerjasama, bermain kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 10:36
Last Modified: 25 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25338

Actions (login required)

View Item View Item