Penggunaan Multi Media Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Munggur Tahun Pelajaran 2012/2013

Umulatipatun, Umulatipatun and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penggunaan Multi Media Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Munggur Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Munggur, Kecamatan Mojogedang melalui penggunaan multi media. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 01 Munggur Kecamatan Mojogedang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multi media dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat hasil pengamatan motivasi siswa pada siklus I sebesar 59, 3 % dengan kriteria baik dan rata-rata hasil belajar sebesar 68,2. Sedangkan motivasi belajar pada siklus II mengalami kenaikan, yaitu menjadi 71,6 % dan rata-rata hasil belajar 75,5. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan multi media dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: multi media, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Aug 2013 06:06
Last Modified: 26 Oct 2021 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item