Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Pertiwi I, Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Rachmawati, Nuri and , Dr. Darsinah, SE, M. Si. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Pertiwi I, Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (636kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap perkembangan sosial anak usia dini pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode pre eksperimental design yaitu one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Pengujian paired sample t test terhadap hasil posttest menghasilkan nilai thitung −7.464 ≤ −ttabel yaitu 2.086 yang berada pada Ho ditolak dengan probabilitas sebesar 0,000 < α 0,05. Berdasarkan hasil ini, maka keputusan hasil uji hipotesisnya adalah menolak Ho yang berarti bahwa ada pengaruh Pembelajaran kooperatif terhadap perkembangan sosial pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar tahun ajaran 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooparatif, perkembangan sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:46
Last Modified: 25 Oct 2021 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item View Item