Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Outbond Di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Fatmawati, Ni’mah and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Outbond Di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui kegiatan outbond di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penilitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah anak di Tk Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen yang berjumlah 23 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data komparatif yang dimana prosedur pelaksanaannya meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak yang dimana setiap siklus mengalami peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukannya tindakan, mulai dari kondisi awal yang hanya 5 anak yang mampu berkembang atau sekitar 22% setelah tindakan siklus 1 pertemuan pertama naik menjadi 34,40%. Siklus 1 pertemuan pertama 34,40% pada siklus 1 pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 50,18%. Pada siklus II pertemuan pertama juga mengalami peningkatan dari siklus 1 pertemuan kedua yang baru 50,18% meningkat menjadi 70,37%. Dan disikus II pertemuan kedua ini juga terdapat peningkatan dari 70,37% menjadi 88,03%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegitan outbond dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kegiatan outbond, peningkatan kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:26
Last Modified: 25 Oct 2021 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item