Fatmawati, Ni’mah and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Outbond Di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (375kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui kegiatan outbond di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penilitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah anak di Tk Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen yang berjumlah 23 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data komparatif yang dimana prosedur pelaksanaannya meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak yang dimana setiap siklus mengalami peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukannya tindakan, mulai dari kondisi awal yang hanya 5 anak yang mampu berkembang atau sekitar 22% setelah tindakan siklus 1 pertemuan pertama naik menjadi 34,40%. Siklus 1 pertemuan pertama 34,40% pada siklus 1 pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 50,18%. Pada siklus II pertemuan pertama juga mengalami peningkatan dari siklus 1 pertemuan kedua yang baru 50,18% meningkat menjadi 70,37%. Dan disikus II pertemuan kedua ini juga terdapat peningkatan dari 70,37% menjadi 88,03%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegitan outbond dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Pertiwi 1 Suwatu Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan outbond, peningkatan kecerdasan interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 07:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25330 |
Actions (login required)
View Item |